DPRD GELAR PARIPURNA PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD KOTA KENDARI TAHUN 2022

DPRD Kota Kendari menggelar rapat paripurna dengan agenda penjelasan Wali Kota Kendari tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Kendari tahun 2022 sekaligus penyerahan materi Raperda dari pemerintah Kota Kendari kepada DPRD Kota Kendari. Selasa malam (26/06/2023).
Paripurna dipimpin Ketua DPRD kota Kendari H. Subhan didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Kendari H. Samsuddin Rahim serta dihadiri PLH Wali Kota Kendari Ridwansyah Taridala, Forkopimda Kota Kendari dan Kepala OPD lingkup pemerintah Kota Kendari.
Paripurna diawali dengan pembacaan surat masuk yang dibacakan Sekretaris DPRD Kota Kendari, Adriana Musaruddin kemudian dilanjutkan dengan pidato penjelasan Wali Kota Kendari tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Kendari tahun 2022 yang dibacakan PLH Wali Kota Kendari.
Dalam penjelasannya Pj. Wali kota Kendari menjelaskan bahwa pelaksanaan APBD kota Kendari telah melalui proses pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dan mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesepuluh kalinya secara berturut-turut diraih pemerintah Kota Kendari.
“Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan salah satu wujud tanggungjawab pengelolaan keuangan pemerintah daerah kepada rakyat melalui dewan perwakilan rakyat Daerah oleh karena itu APBD harus dapat dilaksanakan secara efektif efesien transparan dan akuntabel dengan mengacu pada tata kelola pemerintahan yang baik atau good government dan dikelola oleh aparatur pemerintahan yang bersih dan berwibawa sehingga anggaran daerah dapat membawa manfaat yang besar bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat” jelasnya.
Beliau juga menjelaskan beberapa pencapaian realisasi APBD Kota Kendari tahun 2022 salah satunya realisasi pendapatan Daerah kota Kendari sebesar Rp. 1.479.657.748.099,34 dari target pendapatan sebesar RP. 1.608.417.676.296 atau terealisasi sebesar 91,99%.
Terakhir, PJ. Wali Kota Kendari mengucapkan penghargaannya kepada pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kendari atas sinergitasnya bersama Pemerintah Kota Kendari sehingga mampu mempertahankan WTP secara konsisten dan berkelanjutan.
Paripurna kemudian dilanjutkan dengan penyerahan materi Raperda dari pemerintah Kota Kendari kepada DPRD Kota Kendari.